Mata kuliah ini membahas tentang pengertian keanekaragaman hayati (Biodiversitas), evolusi spesiasi-kepunahan, aspek ekologi dan Biodiversitas, pola global Biodiversitas, nilai Biodiversitas, penyebab penurunan dan hilangnya Biodiversitas, pengukuran dan pemantauan Biodiversitas, konservasi Biodiversitas. 

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini dalam satu semester, mahasiswa diharapkan mampu memahami pengertian tentang keanekaragaman hayati, mengetahui penyebab hilangnya keanekaragaman hayati dan upaya untuk mengukur dan memantau keanekaragaman hayati serta perlunya konservasi keanekaragaman hayati.


Mata Kuliah wajib dengan kode BIO702 3 dengan (3-0) SKS menjelaskan tentang jenis-jenis ekosistem yang termasuk kategori lahan basah, memahami proses, faktor ekologi dan manfaatnya untuk digunakan sebagai dasar manajemen konservasi lingkungan

Mata kuliah Bioteknologi merupakan mata kuliah pilihan yang terdiri dari 2 SKS tatap muka. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan prinsip dasar bioteknologi, konsep - konsep Biologi yang mendasari pengembangan bioteknologi, etika bioteknologi serta perkembangan dan manfaat bioteknologi dalam kehidupan sehari - hari.

Modul ajar ini berisikan tentang sejarah, teknik dasar, prinsip dan media kultur jaringan tumbuhan; proses dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan secara in vitro serta aplikasi teknik kultur jaringan dalam perbanyakan tumbuhan dan pemuliaan tumbuhan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan riset.


Mata kuliah Sitematika Vertebrata mempelajari konsep dasar pengetahuan dan pengertian mengenai sistematika hewan tingkat tinggi melalui pembahasan tentang evolusi hewan, hubungan kekerabatan secara filogenetik dan klasifikasi vertebrata, serta mempelajari ciri-ciri umum dan khusus dalam klasifikasi vertebrata.