Mata Kuliah ini tentang struktur matematika

Matakuliah ini mengkaji tentang bermacam bentuk geometri pada bidang koordinat yaitu tentang kedudukan titik di R^2dan R^3, garis di R^2, tempat kedudukan, parabola, ellips, lingkaran, hiperbola, bidang, garis di R^3, dan bola melalui pembelajaran aktif yang melatih mahasiswa berpikir logis analitis


Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa untuk memahami sistematika penulisan artikel ilmiah, teknik penulisan, metodologi penelitian, jenis atau pendekatan penelitian, teknik pengumpulan data serta teknik analisis data.


Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Matematika merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa untuk memahami konsep dasar kurikulum dan ketentuan-ketentuan dalam kurikulum matematika sekolah menengah serta pengembangan perencanaan pembelajaran matematika. Mata kuliah ini membahas tentang Konsep Dasar Kurikulum: pengertian kurikulum, komponen-komponen kurikulum dan fungsi kurikulum, Kompetensi-kompetensi Pembelajaran Matematika SMP/SMA serta penjabarannya, Penjabaran Materi Pembelajaran, Analisis Kemampuan Matematis, Pengembangan Silabus dan RPP, Penilaian Pembelajaran Matematika, Strategi pelaksanaan kurikulum: perencanaan (keterkaitan antara silabus dan RPP), pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanjut (analisis Ulangan Harian, pengajaran remedial dan pengayaan).


Mata Kuliah ini membahas mengenai garis, sudut, Dalil-dalil dasar tentang segi tiga, Segi Empat, lingkaran, Garis dan bidang, kesejajaran dalam ruang, ketegak lurusan dalam ruang, tempat kedudukan, Unsur/prasyarat membangun bangun ruang, teknik penggunaan alat bantu geometri, Bangun-bangun ruang dalam prisma, kubus dan balok, luas permukaan prisma dan volume prisma, Bangun ruang dalam limas, irisan dan jaring-jaring limas, limas terpancung, luas permukaan dan volume limas, Unsur-unsur pembentuk silinder, luas permukaan dan volume silinder, Kerucut dan kerucut terpancung, luas permukaan dan volume dari kerucut dan kerucut terpancung.

Mata kuliah ini membahas tentang: Microsoft word, Microsoft excel, Microsoft power point, algoritma pemrograman, bagan alir, lingkungan bahasa pemograman, pemgoperasian bahasa pemrograman, penulisan bahasa program, karakter, konstanta dan variabel, operator, fungsi matematika, ekspresi matematika, masukan dan keluaran, kondisional, pengulangan, grafik, aplikasi pada masalah matematika

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh semua mahasiswa S-1 Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada calon guru, agar mampu memahami dan menjelaskan konsep-konsep analisis statistik. Mata kuliah ini juga penerapan statistika menggunakan aplikasi seperti SPSS sebagai sarana analisis data penelitian pendidikan serta pengambilan kesimpulan dari data-data hasil penelitian. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa  diharapkan mampu menggunakan analisis statistik untuk menyelesaikan permasalahan sederhana yang berhubungan dengan pendidikan dan mampu mengaplikasikan analisis statistik untuk pengelolaan dan pengolahan data. Oleh sebab itu, di dalam matakuliah ini dibahas tentang: (a) Analisis Data Kualitatif (Angket, Observasi), (b) Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, (c) pengujian hipotesis, (d) Korelasi dan inferensial, (e) Regresi (Regresi linear sederhana, dan Uji Linearitas Regresi).


Mata kuliah ini berisi konsep probabilitas (peluang) dan aplikasi dalam dunia nyata. Untuk dapat mengikuti mata kuliah ini diperlukan juga konsep statistika.

Mata Kuliah ini mengkaji tentang Penerapan Peubah Acak dan Fungsi Distribusi, Ekspektasi Peubah Acak, Distribusi Diskrit dan Distribusi Kontinu Khusus