Mata Kuliah ini termasuk kelompok Mata Kuliah Sejarah Nasional dengan bobot 2 SKS. Melalui pengalaman belajar yang dikembangkan dalam perkuliahan ini, mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah diharapkan memiliki pemahaman dan wawasan mengenai berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia pada periode 1945 – 1949. Berbagai peristiwa tersebut diawali dengan peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi,  kedatangan sekutu, berbagai pertempuran, beberapa peristiwa diplomasi, sampai pada pengakuan kedaulatan RI, 1949.


Mata kuliah ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan memahami sejarah terbentuknya negara Amerika Serikat mulai dari masa eksplorasi dan kolonisasi sampai terbentuknya negara Amerika Serikat serta perkembangannya samapi dewasa ini. Perkuliahan dilaksanakan melalui ceramah, diskusi, dan tugas-tugas.

Ilmu Sosial (bahasa Inggris: social science) atau ilmu pengetahuan sosial (Inggris: social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.

Pengertian Ilmu sosial secara universal diartikan sebagai suatu ilmu yang berisi mengenai interaksi antara manusia dengan manusia secara individu, manusia dengan manusia secara individu dan kelompok, manusia dengan manusia secara sama sama berkelompok

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa, secara perorangan dan kelompok untuk melakukan kajian tentang sejarah maritim secara umum yang menyangkut teori dan konsep, perkembangan sejarah maritim yang dimulai pelayaran dan perdagangan dalam kurun niaga, Pelayaran ke dunia Baru yang dilakukan oleh orang-orang Eropa, Pelayaran Portugis dan Spanyol, Pelayaran Inggris.

Selain itu akan dibahas juga mengenai zona kemaritiman di kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Makassar, kesultanan Ternate Tidore, serta bajak laut. Bahasan dalam mata kuliah ini juga mencakup korelasi sejarah maritim dan transformasi budaya dilingkungan sekitar.


Matakuliah ini menjelaskan tentang konservasi sejarah yang lebih cenderung pada konservasi bangunan atau kawasan cagar budaya.


Secara umum bertujuan mengkaji dan menambah wawasan perkembangan kebudayaaan, sejarah perkembangan peradaban dan pergerakan manusia. Antropologi mampu melihat perkembangan peradaban berkaitan dengan kedudukan manusia sebelum adanya tulisan. Kajian prasejarah merupakan kajian sebelum lahirnya tulisan atau manusia sebelum mengenal tulisan. Ilmu antropologi dipelajari bagimahasiswa jurusan sejarah diharapkan mahasiswa mampu membedah m,asalah yang berkaitan dengan peradaban manusia sebelum adanya tulisan.


TINJAUAN MATA KULIAH

 

A.  Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa, secara perorangan dan kelompok untuk melakukan kajian tentang sejarah maritim secara umum yang menyangkut teori dan konsep, perkembangan sejarah maritim yang dimulai pelayaran dan perdagangan dalam kurun niaga, Pelayaran ke dunia Baru yang dilakukan oleh orang-orang Eropa, Pelayaran Portugis dan Spanyol, Pelayaran Inggris.

Selain itu akan dibahas juga mengenai zona kemaritiman di kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Makassar, kesultanan Ternate Tidore, serta bajak laut. Bahasan dalam mata kuliah ini juga mencakup korelasi sejarah maritim dan transformasi budaya dilingkungan sekitar.

B.  Kegunaan Mata Kuliah

Dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengetahui dan memahami ruang lingkup sejarah maritim, disamping itu mahasiswa mampu menjelaskan kembali tentang materi sejarah kemaritiman, mahasiswa juga mampu melakukan mini research tentang korelasi sejarah maritime dan transformasi budaya dilingkungan sekitar, mahasiswa dapat menggagali kembali abad-abad kejayaan kerajaan-kerajaan maritim di Nusantara dan dapat menelusuri jalur perdagangan dalam kurun waktu niaga serta mengetahui tentang bajak laut atau perompak.

C.  Kompetensi Dasar

Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup sejarah maritim, disamping itu mahasiswa mampu menjelaskan kembali tentang materi sejarah kemaritiman, mahasiswa juga mampu melakukan mini research tentang korelasi sejarah maritime dan transformasi budaya dilingkungan sekitar, mahasiswa dapat menggagali kembali abad-abad kejayaan kerajaan-kerajaan maritim di Nusantara dan dapat menelusuri jalur perdagangan dalam kurun waktu niaga serta mengetahui tentang bajak laut atau perompak.

D.  Kemampuan Akhir Yang Diharapkan

Mahasiswa mampu menguasai tentang perkembangan sejarah maritim, mulai dari abad awal, abad perdagangan, masuknya pelayar-pelayar Barat ke Nusantara, kerajaan-kerajaan di nusantara yang bercorak maritim dan mampu memahami korelasi yang terjadi terkait kemaritiman dan  transformasi budaya.

E.  Susunan Judul Modul dan Keterkaitan Antar Modul (Peta Kedudukan Modul)

Modul pertama membahas tentang negara kelautan dan sejarah maritim di Indonesia, kemudian modul kedua masih mengkorelasikan dengan modul pertama yaitu membahas tentang kuliah kerja lapangan sejarah maritim dalam bentuk mini research, modul ketiga mengenai masuknya pelayar-pelayar Barat ke Nusantara, selanjutnya modul keempat tentang kerajaan-kerajaan di nusantara yang bercorak maritim, berkaitan dengan modul sebelumnya maka modul Kelima membahas tentang Bajak Laut atau Perompak.

F.   Petunjuk Umum Mempelajari Modul

Untuk mempelajari modul ini mahasiswa dapat membaca sendiri dari modul satu ke modul yang lain. Dalam tiap modul sudah disajikan mengenai kegiatan belajar yang mencakup tujuan kegiatan pembelajaran, uraian materi atau rangkuman tes formatif dan rambu-rambu jawaban serta daftar pustaka yang jelas. Selain itu mahasiswa dapat mengembangkan sendiri pendalaman materi pembelajaran diluar isi dari modul sejarah maritim ini.


Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada program studi Pendidikan Sejarah S1dengan kode PPS 323. Mata kuliah Seminar Penulisan Kaya Ilmiah ini  dirancang untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Melalui mata kuliah yang berbobot 4 SKS ini,  mahasiswa diberi pemahaman dan wawasan mengenai penelitian sejarah dan penelitian pendidikan sejarah, sesuai dengan penelitian pilihannya. Selain itu, diberikan pula teknik penulisan karya ilmiah sesuai dengan Panduan Penulisan Karya Ilmiah yang diterbitkan FKIP Universitas Samudra. Dengan demikian, pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian skripsi.


A.          Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini menjelaskan tentang perkembangan kota-kota  sejak jaman kuno, di Eropa maupun Asia. Selain itu pada mata kuliah ini juga mempelajari tentang teori-teori perkembangan kota, pembentukan dan perkembangan kota-kota tradisional di Nusantara, perkembangan kota modern di Indonesia pada masa kolonial, dan perkembangan serta problematika kota modern di Indonesia dalam kekinian.

B.           Kegunaan Mata Kuliah

Untuk memberikan pemahaman konseptual dan pisau analisis kepada mahasiswa untuk memahami sejarah perkembangan kota dan dinamika perkembangan perkotaan.

C.           Kompetensi Dasar

         Mampu memahami konsep perkembangan dan dinamika kota.          

D.          Kemampuan Akhir yang Diharapkan

1.        Mampu  mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep-konsep dasar terbentuknya kota.

2.        Mampu mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep perkembangan kota.

3.        Mampu menganalisis problematika-problematka yang terjadi di perkotaan dalam konteks masa lalu dan masa kini serta mencari solusi.

 

E.           Susunan Judul Modul dan Keterkaitan Antar Modul (Peta kedudukan modul)

•Pengantar Ilmu Sejarah
•Metodologi dan Historiografi Sejarah
•Sejarah Kota
F.           Petunjuk Umum Mempelajari Mata Kuliah

1.        Bacalah isi pendahuluan modul ini dengan baik, sehingga Anda mengetahui isi modul ini, manfaat  yang  akan Anda peroleh serta bagaimana cara mengkaji isi modul ini;

2.        Bacalah modul ini secara keseluruhan;

3.        Baca isi modul ini dengan cermat bagian perbagian;

4.        Upayakan Anda benar-benar memahaminya dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat maupun melalui pemahaman Anda sendiri;