Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada program studi S-1 Ekonomi Pembangunan yang membahas tentang ruang lingkup makro ekonomi, pendapatan nasional, uang, kebijakan ekonomi dalam perekonomian serta pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional dan ekonomi global.

Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan Lanjutan merupakan mata kuliah wajib program studi ekonomi pembangunan membahas perekonomian yang berproses menuju ke kinerja yang lebih tinggi melalui berbagai strategi dan kebijakan pembangunan. Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah ekonomi pembangunan yang ada di semester 3. Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dasar teori ekonomi mikro dalam analisis makro lanjutan. Berbagai teori dan model pembangunan ekonomi dibahas dalam konteks kebijakan pembangunan ekonomi yang menjadi bagian dari kebijakan pembangunan negara. Materi pokok: (1) Pembangunan Ekonomi Lanjutan; (2) Indikator Dalam Pembangunan Ekonomi; (3) Tahap-tahap Pembangunan Ekonomi; (4) Teori Ekonomi Pembangunan Lanjutan; (5) Strategi Pertumbuhan Ekonomi; (6) Perencanaan Pembangunan; (7) Perubahan Struktural dalam Pembangunan ; (8) Unsur Pokok dalam Kebijakan Pembangunan; (9) Masalah Pokok Pembangunan; (10) Pembangunan Daerah; (11) Peran Pemerintah dalam Pembangunan Daerah; (12) Hutang Luar Negeri; (13) Pembangunan Ekonomi dalam Konsep Berkelanjutan; (14) Globalisasi dan Pembangunan Indonesia. Mata Kuliah ini memiliki 3 SKS, yang memberikan pemahaman pembangunan ekonomi dan cara masalah ekonomi pembangunan di negara-negara berkembang

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib program studi ekonomi pembangunan. Pada mata kuliah ini akan dibahas dasar-dasar matematika yang diperlukan untuk melakukan analisis ekonomi. Pengetahuan dasar matematika digunakan untuk membantu penyusunan logika dan kemampuan analisis ekonomi secara lebih tajam. Secara garis besar, cakupan mata kuliah ini terdiri dari pokok-pokok bahasan: limit, kesinambungan fungsi, diferensial, dan integral serta penerapannya dalam bisnis dan ekonomi.


Ruang lingkup mata kuliah Matematika Ekonomi dan Bisnis membahas tentang himpunan dan pertidaksamaan, bilangan, deret dan penerapannya dalam ekonomi, fungsi (linier dan kuadrat) dan penerapannya dalam ekonomi, dan matriks (determinan, invers, adjoin, dll) dan penerapannya dalam ekonomi, serta sistem persamaan linear. Kaitannya dengan kompetensi lulusan program studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk dapat menerapkan matematika dalam ekonomi dan bisnis.


Mata Kuliah Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan pemahaman yang utuh mengenai: ruang lingkup ekonomi sumber daya manusia dan ketenagakerjaan; perkembangan pemikiran ekonomi sumber daya manusia; sumber daya manusia secara mikro dan makro; permintaan dan penawaran tenaga kerja; dinamika pasar tenaga kerja; dinamika pekerja anka, elastisitas tenaga kerja; pengangguran; diskriminasi tenaga kerja dan tenaga kerja asing.


Mata Kuliah Ekonomi Kependudukan merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan pemahaman yang utuh mengenai: ruang lingkup demografi, Struktur Umur dan Persebaran Penduduk, Sumber-Sumber dan Evaluasi Data, Perkembangan Penduduk Dunia, Transisi Vital dan Transisi Mobilitas Penduduk, Teori Penduduk, Ukuran Komponen Demografi, Fertilitas, Mortalitas, Migrasi, Mobilitas penduduk dan Proyeksi Penduduk, Ketenagakerjaan; Kebijaksanaan Kependudukan.

Mata kuliah ekonomi moneter dirancang untuk membangun pengetahuan mendalam tentang ekonomi moneter.  Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang beberapa hal di antaranya tentang sifat, fungsi, peranan uang dalam aktivitas perekonomian, mekanisme penciptaan uang, pengaruh jumlah uang beredar dan kredit terhadap kegiatan ekonomi, Struktur dan fungsi lembaga keuangan dan bank sentral, inflasi, tingkat bunga, sistem dan kebijakan moneter,  serta sistem moneter internasional.

Mata Kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya merupakan mata kuliah yang menjabarkan mengenai konsep dan bentuk bentuk Lembaga Keuangan yang dioperasikan dan dimiliki oleh Pemerintah maupun Swasta termasuk dari negara asing yang sangat berperan dan mendukung kelancaran roda perekonomian negara. Di dalamnya juga memaparkan peran dari pada otorita moneter (Bank Sentral) dalam mengawasi dan menilai kesehatan perbankan guna mengantisipasi kerugian asset keuangan masyarakat, termasuk juga peran Bank Sentral sebagai pembuat kebijakan moneter.

Mata kuliah ekonomi regional bertujuan membahas tentang perilaku ekonomi manusia pada dimensi wilayah dan spasial.

Mata kuliah ini dimulai dengan pengenalan model pertumbuhan daerah kemudian analisis bagaimana daerah melakukan spesialisasi dan diakhiri dengan model-model perekonomian yang cocok untuk analisis perekonomian daerah. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah diawali dengan metode kualitatif (teori dasar) dan diperdalam dengan metode kuantitatif, dan empiris pada model-model ekonomi yang digunakan.

Mata Kuliah Perekonomian Indonesia mempelajari berbagai konsep dasar dan ruang lingkup perekonomian Indonesia dan aspek terpenting dalam perkembangan makro ekonomi Indonesia. Pembahasannya disasrkan pada data dalam perkembangan variabel makro ekonomi yang terakhir, diantaranya membahas tentang Sejarah Perkembangan Perekonomian Indonesia, Sistem Ekonomi Indonesia, Pendapatan Nasional, Pertumbuhan Ekonomi dan Struktur Ekonomi, Kemiskinan dan Kesenjangan Ekonomi Indonesia, Sumber Daya Alam Indonesia, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Investasi, Pengeluaran Konsumsi Masyarakat dan Pemerintah, Perdagangan Luar Negeri (Ekspor dan Impor) dan Neraca Pembayaran, Arus Modal Asing dan Hutang Luar Negeri, Perkembangan Sektor Industri dan pertanian, Perkembangan Sektor Usaha Kecil.

Ekonomi Internasional merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, 1. Gambaran Umum Ekonomi Internasional; 2. Pengaruh Ekonomi International Terhadap Keseimbangan Ekonomi ; 3. Teori Perdagangan International Klasik ; 4. Teori Perdagangan Internasional Modern ; 5. Kebijakan Ekonomi & Perdagangan Internasional; 6. Lalu lintas pembayaran International,  7. Prosedur Dasar Pembayaran Internasional, 8. Sistem Keuangan Internasional; 9. Neraca Pembayaran Internasional ; 10. Neraca Perdagangan Pendekatan Parsial dan Pendekatan Pendapatan Nasional ; 11. Kerjasama Ekonomi Internasional, 12. Peran Perdagangan Internasional dalam Pertumbuhan Ekonomi